KPR Rumah Property Syariah Tanpa Bank Tanpa RIBA

Asuransi Rumah

Friday, March 6th 2020.

Asuransi Rumah

Asuransi rumah sangat penting bagi kita, karena dirumahlah kita sekeluarga tinggal. Asuransi rumah adalah jenis asuransi properti yang melingkupi kediaman pribadi. Polis asuransi rumah mencakup berbagai perlindungan seperti asuransi personal, kerugian yang terjadi pada rumah, isinya, kehilangan penggunaan (biaya hidup tambahan) dan juga kehilangan harta personil lain dari pemilik rumah.

Proteksi Asuransi

Asuransi rumah juga umumnya mencakup asuransi kecelakaan yang terjadi didalam rumah atau menimpa pemilik rumah dalam lingkup rumah. Didunia asuransi rumah, dikenal istilah FLEXAS (Fire Lighting Explosion Aviation and Sabotage) yang merupakan perlindungan dasar bagi rumah dari sejumlah kerugian yang timbul yang diakibatkan oleh kejadian berikut:.
Kebakaran,
Petir,
Ledakan
Kejatuhan pesawat dan
Sabotase

Sedangkan pengembangan dari perlindungan dasar asuransi rumah dapat juga berupa perlindungan terhadap:
Pencurian/Perampokan
Banjir
Gempa bumi

Polis Asuransi Rumah

Polis asuransi rumah umumnya berupa kontrak jangka dalam jangka waktu tertentu. Polis asuransi setiap rumah bisa saja berbeda, tergantung tingkat resiko yang dihadapi, besar polis tanggungan dan kesepakatan awal yang dituang dalam kontrak polis tersebut.

Polis Asuransi Rumah Multi-Line

Yang dimaksudkan polis asuransi rumah multi-line merupakan asuransi properti serta cakupan tanggung jawab. Yang berarti pembayaran premi tunggal dibayar untuk semua cakupan risiko, termasuk cakupan untuk hunian utama.

Premi asuransi rumah seringkali bergantung pada apa yang akan dibiayai guna mengganti rumah serta dukungan tambahan atau bawaan yang melekat dalam kebijakan tersebut. Polis asuransi merupakan kontrak yang sah antara perusahaan asuransi dengan orang tertanggung (pihak tertanggung). Kontrak ini merupakan kontrak ganti rugi serta akan menempatkan tertanggung kembali seperti sesaat sebelum terjadi kerugian.

Pengecualian Asuransi Rumah

Biasanya, klaim akibat perang atau huru-hara dikecualikan. Termasuk di antara pengecualian standar lainnya (seperti rayap ), juga klaim akibat banjir – kecuali dalam kontrak ada tanggungan akibat banjir. Asuransi rumah khusus dapat saja kita beli guna mencakup tanggungan ini, termasuk asuransi banjir.

Lihat Juga Perumahan syariah Depok

Premi Asuransi Rumah

Pembayaran tertanggung/pemilik rumah kepada penanggung/perusahaan asuransi disebut premi. Tertanggung diharuskan membayar premi asuransi dalam setiap periode (biasanya bulanan).
Kebanyakan polis asuransi mengenakan premi yang lebih rendah jika memiliki kecenderungan rumah yang ditanggung tidak akan rusak atau hancur. Namun akan lebih tinggi bila memiliki tingkat resiko kebakaran yang tinggi.

Misalnya, jika rumah terletak di sebelah stasiun pemadam kebakaran atau dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran dan alarm kebakaran. Asuransi rumah abadi, maupun jenis asuransi rumah tanpa jangka waktu tertentu juga dapat diperoleh pada daerah tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak perusahaan asuransi.

Assuransi dalam Perumahan Syariah

Secara umum, Perumahan syariah tidak memakai Asuransi. Mereka menyerahkan semua Takdir kepada Allah SWT. Karena Asuransi dinilai memiliki beberapa unsur yang tidak di perbolehkan, yaitu ghoror, Judi, dan Riba.

Asuransi diharamkan karena mengandung unsur riba, yaitu bila nasabah menerima uang klaim, dan ternyata jumlah uang klaim yang ia terima melebihi jumlah total setoran yang telah ia bayarkan.
Asuransi diharamkan karena mengandung unsur judi, karena kita bertaruh dengan takdir yang belum terjadi. Selangkapnya tentang Asuransi Menurut Islam bisa di lihat di artikel Asuransi Menurut Islam

 

 

Properti Terbaru

Kavling Tanah Di Jual Bogor Siap Ba

promo
Rp 69 juta
Ciampea, Bogor
Lt/Lb : 60 m2 /
Lihat Detail »

KSB Rajawali Tanah di Cimahpar Kota

promo
Rp 222.000.000
R.Khanafiah, Cimahpar
Lt/Lb : 75m2 /
Lihat Detail »

Roemah Palem Jakarta Timur Skema KP

terbaik
Rp 1,2 Milyar
Cilangkap Baru, Cipayung, Jakarta Timur
Lt/Lb : 80 m2 / 84 m2
Lihat Detail »

Solusi KPR Rumah Murah di Depok dek

promo
Rp 257 juta
Prigi, Depok
Lt/Lb : 60 m2 / 40 m2
Lihat Detail »

Griya Abdi Sukahati Cibinong Bogor

terbaik
Rp 355.000.000
Jalan Raya Kav DPR, Sukahati, Cibinong
Lt/Lb : 60 m2 / 27 m2
Lihat Detail »

Kenanga Residence Perumahan Syariah

terbaik
Rp 250.000.000
Kecamatan Sumber
Lt/Lb : 60 / 36
Lihat Detail »