KPR Rumah Property Syariah Tanpa Bank Tanpa RIBA

Cara Memilih Keramik Lantai Rumah

Thursday, March 5th 2020.

Cara Memilih Keramik Lantai Rumah

Cara Memilih Keramik Lantai Rumah

Cara Memilih Keramik Lantai Rumah

Cara memilih keramik lantai rumah yang cocok dengan rumah kita bisa jadi membuat kita kebingungan dengan banyaknya pilihan yang tersedia. Tidak jarang kita dihadapkan masalah dalam seputar memilih keramik lantai rumah ketika akan membangun rumah baru ataupun merenovasi rumah lama. Entah itu mengenai jenis keramik, ukuran keramik, merk keramik, hingga model keramik yang sesuai untuk diaplikasikan pada lantai kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dapur, ataupun juga lantai rumah secara umum.

Lantai keramik hingga kini masih menjadi pilihan favorit untuk dijadikan sebagai lantai rumah. Jenis dan warna keramik yang beragam menjadi daya tarik utamanya. Model keramik juga bisa bertahan dalam waktu lama, untuk itu cara memilih lantai keramik untuk lantai rumah menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan dengan baik. Bagi yang sedang kebingungan memilih keramik, berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum kita membeli keramik lantai.

Lihat Juga : Perumahan di Bekasi Kota Villa Abar Jatiasih

Cara Memilih Keramik lantai Rumah :

1. Ukuran
Kita harus bisa menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ukuran ruangan di rumah. Semakin besar ukuran keramik, ini akan membuat ruangan tersebut terkesan lebih luas. Langkah Ini sangat cocok untuk kita terapkan pada ruangan yang mungil.

2. Warna
Dalam memilih warna keramik lantai juga harus yang bisa mendukung keindahan dalam ruangan. Bila dalam ruangan terlihat gelap dan juga sempit, warna terang merupakan sebuah pilihan terbaik guna membuat ruangan terlihat lebih luas dan juga terang.

Namun jika ruangan tersebut cukup luas, pemilihan warna lantai bisa jadi lebih banyak. Kita dapat juga menyesuaikan warna lantai tersebut dengan warna dinding dan juga wallpaper yang diaplikasikan pada ruangan tersebut. Jika kita ingin menghadirkan nuansa kehangatan pada sebuah ruangan yang luas, kita juga dapat mengaplikasikan lantai keramik dengan warna yang lebih gelap namun dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Memilih Keramik Yang Mempunyai Ukuran dan Tonality Yang Sama Untuk Satu Ruangan

Sangat penting bagi kita untuk memilih keramik lantai dengan ukuran dan tonality yang sama pada satu ruangan dengan ruangan lain, entah itu pada ruang dapur, kamar mandi, dan juga ruang keluarga. Kesesuaian ukuran dan juga warna tonality ini akan membuat desain interior ruangan menjadi indah dan lebih sedap dilihat mata.

Sesuaikan juga warna serta ukuran keramik yang kita pasang pada suatu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga. Tonality merupakan perbedaan tebal tipisnya warna keramik. Kode tonality ini dapat kita temukan pada bagian sisi luar kardus kemasan, biasanya bersebelahan dengan nama keramik ataupun kode barang dan juga standar kualitasnya.

4. Memilih Permukaan Lantai Keramik
Penggunaan lantai keramik juga harus kita sesuaikan dengan ruangan yang akan dipakaikan. Permukaan keramik atau Glasur yang dipakai untuk lantai keramik mempunyai beberapa jenis glasur, seperti glossy (mengilap), satin, matte ataupun bertekstur.

Glasur inilah yang membuat perbedaan licin tidaknya lantai keramik. Pemakaiannya juga harus disesuaikan pada area yang akan dipasang lantai keramik, baik untuk di dalam ataupun di luar ruangan. Lantai keramik yang digunakan untuk eksterior rumah sebaiknya tahan terhadap terpaan cuaca, serta memiliki daya serap air yang lebih rendah, dan juga pada umumnya permukaan keramik berglasur kasar. Begitu juga untuk area yang licin seperti area kamar mandi, garasi ataupun dapur sebaiknya memakai tekstur kasar dan juga tidak glossy agar kita tidak mudah terpeleset.

Pada area publik seperti ruang keluarga dan juga ruang tamu, jenis keramik lantai yang kita pakai sebaiknya tahan terhadap abrasi dan juga noda mengingat area ini adalah tempat yang sangat sering dilewati. Perhatikan kualitas glasur keramik, karena bila kualitas glasur rendah maka kilapnya akan hilang dengan cepat dan sulit juga untuk menghilangkan noda. Namun jika kita memakai keramik lantai yang memiliki glossy atau semi glossy, kilap lebih awet dan noda akan lebih mudah dihilangkan.

5. Memilih Keramik Yang Sesuai Dengan Anggaran dan Kebutuhan
Saat ini sangat banyak varian harga dan juga model keramik lantai yang dijual dipasaran, tentu ini membuat kita harus lebih jeli dalam memilih keramik lantai. Apakah kita akan memilih keramik murah ataupun termurah namun tetap berkualitas tinggi ataukah akan membeli keramik mahal yang sesuai dengan keinginan kita. Karena saat ini sudah banyak keramik lantai dengan harga murah yang memiliki kualitas tinggi

6. Layanan Garansi atau Purna Jual

Adanya layanan purna jual ini harus juga kita perhatikan sebagai antisipasi bila ternyata kita memperoleh barang yang cacat. Untuk itu bisa kita tanyakan langsung kepada toko penjual apakah keramik lantai yang akan kita beli ini memiliki layanan purna jual sehingga bila ternyata banyak keramik yang rusak bisa kita kembalikan kembali dan mendapat gantinya.

Bagi kita yang ingin memakai keramik sebagai lantai rumah, Cara memilih keramik lantai rumah diatas dapat di jadikan panduan dasar. Kesesuaian keramik ini dapat mempengaruhi keindahan ruangan dimana keramik tersebut dipasang, selain juga dapat memberikan kesan lebih lapang dan juga luas bagi sebuah ruangan yang sempit.

Properti Terbaru

KPR Rumah Shafa Residence Balaraja

promo
Rp 180 Juta
Balaraja, tangerang
Lt/Lb : 60 m2 / 36m2
Lihat Detail »

Jual Tanah BSD Depan KAV ICE & ICE

terbaik
Rp 6Juta/m2
Kav ICE BSD
Lt/Lb : 685 m2 /
Lihat Detail »

Perumahan Depok Pasir Putih di Bara

terbaik
Rp 265.000.000
Pasir Putih Depok
Lt/Lb : 60 m2 / 36 m2
Lihat Detail »

d'GreenHouse Kebun Hidroponik Bogor

promo
Rp 148.000.000
Ciampea bogor
Lt/Lb : 72 m2 / 72 m2
Lihat Detail »

Rabbani Bintaro Residence di Peruma

terbaik
Rp 740 Juta
Bintaro Sektor 9
Lt/Lb : 40 m2 / 60 m2
Lihat Detail »

KPR Rumah Murah Perumahan Cinangka

promo
Rp 269.000.000,00
Cinangka , Depok
Lt/Lb : 50 m2 / 30 m2
Lihat Detail »