KPR Rumah Property Syariah Tanpa Bank Tanpa RIBA

Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat

Friday, August 6th 2021.

Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat

Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat

Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat

Perpaduan warna cat exterior rumah

Cat rumah sangatlah penting, karena disamping penting bagi estetika, cat dinding rumah pun dibutuhkan guna memberikan perlindungan bagi tembok kita. Pemilihan cat rumah yang tepat tentu sangat dianjurkan guna memdapatkan hasil terbaik. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui guna memilih cat yang tepat.

Cat merupakan sebuah cairan yang akan membuat lapisan di atas permukaan substrate atau objek yang dicat sesudah cairan cat tersebut kering. Fungsinya adalah untuk melindungi ubstrate (lapisan bawah), dan juga meningkatkan nilai estetika. Dengan adanya lapisan cat pada tembok, permukaan tembok juga jadi lebih mudah dibersihkan.

Pilih Kualitas Cat

Kualitas cat juga menentukan. Lantas, bagaimana bila kita ternyata tidak sreg dengan warna maupun kualitas cat yang telah kita oleskan di dinding?

Tunggu dahulu sampai cat di dinding kering, baru setelah itu lapisi kembali dengan cat dengan warna lain. Karena cat dinding akan memberikan warna yang solid atau menutup, warna cat dinding dari lapisan sebelumnya tidak akan berpengaruh asalkan daya tutup dari cat (hiding power)-nya bagus.

Soal kualitas ini, sepertinya memang idiom “Ada harga ada barang” yang sering kali diucapkan para pedagang ada benarnya. Sebab barang mahal biasanya memang bagus.

Logikanya, cat yang berkualitas bagus pasti dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas yang harganya juga berbeda . Selain itu, dalam kandungan zat-zat tambahan (additive) yang semakin lengkap tentu juga akan membuat harga cat tembok jadi lebih tinggi dan bisa memberikan penyempurnaan kualitas cat.

Misalnya saja dalam hal kehalusan, kelenturan lapisan cat, daya tahan, maupun kemudahan aplikasinya. Nah, berikut ini tips memilih warna cat rumah yang tepat.

Pilih Warna Tepat

1. Warna cat interior dapat menggunakan semua warna dan juga lebih bebas, sebab hampir tidak ada pengaruh dari faktor cuaca.
2. Sedangkan warna exterior atau bagian luar sebaiknya menghindari warna-warna yang mengandung unsur warna merah, sebab warna merah mempunyai lightfastness (ketahanan terhadap sinar) yang sangat rendah.
3. Pakailah selalu color scheme (skema warna) jika ingin mengkombinasikan jenis-jenis warna. Hal ini tentu menyangkut selera dan juga model ruang apa yang ingin kita tampilkan (color psychology).
4. Bagi ruang sempit apalagi yang memiliki plafon rendah, sebaiknya memakai warna-warna muda supaya ruangan terkesan luas.

Semoga Tips Memilih Cat Rumah Yang Tepat ini bisa berguna bagi yang ingin mem bangun rumah maupun merenovasi rumah.

Properti Terbaru

Rumah di Kota Cibinong Bogor

terbaik
Rp 435.000.000
Cibinong Kota Bogor
Lt/Lb : 60 m2 / 27 m2
Lihat Detail »

The Royal Galaxy Perumahan di Galax

promo
Rp 690 Juta!
Jaka Mulya, Bekasi Selatan
Lt/Lb : 70 / 40
Lihat Detail »

Kavling Siap Bangun di Lokasi Strat

terbaik
Rp 180.000.000
Kemang, Bogor
Lt/Lb : 72 m2 / -
Lihat Detail »

Balad Residence Bojongsari Depok

terbaik
Rp 376.000.000
Bojongsari, Depok
Lt/Lb : 72 m2 / 36 m2
Lihat Detail »

Kpr Rumah di Babelan Raudhatul Jann

promo
Rp 550.000.000
Babelan, Bekasi utara
Lt/Lb : 72 m2 / 36 m2
Lihat Detail »